Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 17 November 2010

PELAJAR BELAJAR FACEBOOK

Suatu siang saya tuliskan email saya di papan tulis. Diiringi kata-kata “Silakan add account facebook saya!”. Lalu separo dari kelas terbengong-bengong. “Itu apa ya bu!” Gubrakkkkk…. Ternyata jejaring sosial seperti facebook masih menjadi barang asing.

MANFAAT FACEBOOK
Kita dapat mengeruk manfaat sebanyak-banyaknya dari facebook. Dimulai dari menentukan tujuan awal membuat account facebook. Pada awalnya saya mencari teman-teman lama mulai dari teman sekolah, teman kuliah, teman main, dan juga teman kerja. Dari teman-teman lama lalu beralih ke teman-teman yang baru. Sekarang saya lebih belajar berbagi melalui facebook. Ternyata, banyak hal yang dapat diperoleh dari situs pertemanan ini.
Bagi para pelajar, berbagai informasi berkualitas bisa didapat, misalnya informasi peluang beasiswa dan lowongan kerja. Melalui facebook pelajar dapat mengembangkan kemampuan menulis. Dan tambahan income pun sangat mungkin didapat dari facebook.

MENCARI TEMAN BERKUALITAS
Saya tidak pilih-pilih teman facebook. Siapapun yang add pasti saya confirm tanpa saya cek dulu siapa dia. Gegabah dan ceroboh! Ya, saya melakukannya karena memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk berbagi. Demikian juga dengan saya, seringkali mencoba untuk add teman yang tidak saya kenal sebelumnya. Saya buka daftar teman orang-orang yang saya kenal, lalu mulailah saya add dan menunggu confirm. Luar biasanya, saya pun mendapatkan teman-teman yang berkualitas untuk saling berbagi.
Ada juga yang lebih selektif dalam memilih teman. Ketika tidak cocok dengan profil atau tidak menemukan mutual friends maka tidak di-confirm. Bahkan ada yang langsung memblokir orang-orang yang dinilai tidak asyik untuk jadi teman.
Apa yang sebaiknya dilakukan? Terserah! Dua-duanya dapat dipilih.

BAHASA YANG SOPAN DAN KOMUNIKATIF
Sedih ketika ada status berisi makian dengan kata-kata yang sangat tidak pantas. Dengan diiringi kata “Maaf” saya pun memblokir beberapa teman yang melakukannya.
Bagi saya, facebook ibarat terminal bus . Banyak orang yang berlalu-lalang di terminal bus. Seringkali mereka cuek, namun perlu diingat, ada juga yang melirik bahkan mengamati perilaku kita. Facebook adalah prasarana umum yang menjadi milik umum. Setiap orang bisa membaca status atau komentar yang kita buat. Maka perlu lebih bijaksana dalam menulis. Bebas bahkan sangat bebas menulis apapun. Ingat resiko ditanggung penumpang. Jika kita keseringan menuliskan kata-kata yang tidak pantas, maka orang akan menilai kualitas kepribadian kita. Buatlah tulisan yang sopan dan komunikatif sehingga orang mengetahui apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan.

TIGA BATANG ROKOK UNTUK SATU JAM DI WARNET
Harga sewa warnet sekarang tambah murah. Tiga batang rokok dapat diganti dengan satu jam sewa di warnet. Bagi yang mempunyai handphone dengan fasilitas situs pertemanan cukup 5 ribu satu minggu. Manfaat yang dapat diambil lebih banyak dibandingkan tiga batang rokok. Harga sewa warnet juga sebanding dengan harga sewa untuk bermain Play Station (PS). Manfaatnya? Hmmm pasti lebih bermanfaat di warnet!

PESAN SPONSOR BAGI PELAJAR
Bagi para pelajar, silakan add account facebook saya. Lalu hubungi saya ketika mau tes atau wawancara kerja. Silakan bertanya tentang apapun! Sebisa mungkin, saya akan menjawabnya. Mari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar