Halaman

Cari Blog Ini

Jumat, 17 September 2010

BERAPA SALDO BANK EMOSI ANDA?

Emosi adalah kekayaan batin yang dimiliki manusia. Begitu kompleks. Indah. Menarik. Tak terduga. Menyegarkan. Menggairahkan. Kadang jadi api. Kadang juga jadi air. Tak pasti. Berubah.

Emosi adalah sumber energi bagi suatu relasi. Tentunya mari berpikir kalau emosi bukan hanya berarti perasaan marah, jengkel, atau sedih. Emosi juga berarti kegairahan, kesenangan, kegembiraan, atau kebahagiaan.
BANK EMOSI
Mari berandai-andai sejenak.
Ibarat emosi adalah tabungan yang kita miliki. Setiap orang mempunyai bank emosi. Semakin rajin kita menabung maka kita akan semakin kaya. Belum lagi semakin banyak kita menabung maka ada keuntungan lebih yang akan ditambahkan (seperti bunga bank).
Sebaliknya, semakin kita sering menarik tabungan maka berkuranglah kekayaan kita.

TRANSAKSI BANK EMOSI
PENARIKAN EMOSI
Orang yang tidak terbiasa menghadapi konflik. Ketika ada masalah sedikit saja terasa berat. Kenapa? Karena bank emosinya terkuras habis untuk penarikan besar-besaran.
Penarikan emosi besar-besaran digunakan untuk perasaan lelah dan sakit hati. Emosinya tersalurkan untuk menyalahkan orang lain, berpikiran negatif, mengeluh, marah tiada ampun, atau sedih berkepanjangan. Sampai masalah tidak selesai-selesai namun menimbulkan masalah yang baru. Menyelesaikan masalah dengan masalah. Lalu tiba-tiba saldo menipis. Tabungan emosinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya mengatasi konflik.

PENYETORAN EMOSI
Berbeda. Dengan orang yang kaya emosinya. Dia lebih bisa menghadapi konflik dengan kepala yang dingin. Emosi yang dikeluarkannya pun sedikit. Bahkan dengan introspeksi yang selalu dilakukannya, saldo tabungan emosinya bertambah.
Tabungan emosinya bertambah karena ada perasaan yang positif, menerima kritikan dengan terbuka, dan rasional. Kalaulah ada masalah, ahh memang ini saat untuk memperkaya diri. Kekayaannya bertambah karena berani membuka diri pada orang lain. Berani untuk membina relasi dengan lebih banyak orang yang beraneka ragam. Tidak berpusat pada apa yang terjadi saat ini saja, namun melihat dalam jangka panjang.

Tambahkan saldo tabungan bank emosi! Jaminan akan masa depan yang lebih baik akan terbentang luas di depan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar