Halaman

Cari Blog Ini

Sabtu, 11 September 2010

USAHA NGGAK HARUS UNTUNG

Cara berpikir yang sangat di luar kebiasaan : USAHA NGGAK HARUS UNTUNG!
Heran, kaget, pikiran gila, mungkin bagi kita yang terbiasa dengan konsep kalo usaha bagaimanapun caranya harus untung.
Mana mungkin orang mau usaha kalo tidak untung?
Mari kita coba berpikir di luar kebiasaan. Ini hanyalah sebuah alternatif pilihan. Mau setuju ataupun tidak setuju tentukan setelah membaca tulisan ini.
Nggak ada ruginya mencoba berpikir di luar kebiasaan. Hanya sedikit rasa tidak nyaman saja. Yuk mari kita berpikir di luar batas!

Ada banyak pilihan dalam hidup. Tentang bagaimana menjadi semakin kaya pun juga sebuah pilihan.

1. Pilihan Pertama
Ada yang memilih menabung atau berinvestasi sebanyak-banyaknya untuk memperoleh jaminan masa depan. Tentunya, ini sangat baik. Seseorang yang menjalankan usaha dengan modal sendiri. Menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk menambah aset dan kekayaan. Sangat teliti, telaten, hemat, dan perhitungan yang matang.
Hmmm betapa sempurnanya orang yang bisa melakukan pilihan yang pertama ini. Benar-benar suatu keadaan yang diimpikan banyak orang. Bekerja BEBAS HUTANG.
Komentar saya : Luar Biasa! Silakan untuk memilih pilihan PERTAMA ini!

2. Pilihan Kedua
Ada yang memilih untuk berhutang. Hutang menjadi sarana untuk membuat orang semakin kaya. Bagaimana bisa? Hutang digunakan untuk kepentingan PRODUKTIF yaitu sebagai modal kerja ataupun investasi dan bukan KONSUMTIF.
Sebagai modal kerja, hutang digunakan untuk menambah stok barang atau persediaan. Silakan buka tulisan sebelumnya ”HUTANG? AH MINDER....” Sedangkan sebagai investasi, hutang digunakan untuk pengembangan usaha.
Komentar saya : Luar Biasa! Silakan untuk memilih pilihan KEDUA ini!

HIPOTESIS :
Pengusaha yang menjalankan pilihan PERTAMA lebih sedikit dibandingkan pengusaha yang menjalankan pilihan KEDUA (Tentunya hipotesis ini juga berdasarkan pada asumsi yang benar-benar mantap berdasarkan jelajah saya di dunia perbankan mikro).

SYARAT KESUKSESAN PILIHAN KEDUA:
Usaha tidak harus untung. Yang penting TIDAK RUGI dan bisa membayar CICILAN BANK. Artinya nilai hutang tidak bertambah namun ASET atau KEKAYAAN dapat bertambah. Sebuah ilustrasi dapat dibaca di ”BUAT APA NGUTANG?”

Satu hal yang mesti dipahami Setiap pilihan ada resikonya. Selalu ada waktu untuk perjuangan. Termasuk perjuangan dalam memilih dan menjalani pilihan tersebut. Selamat memilih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar