Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 22 September 2010

MENULIS ADALAH ....

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang paling tinggi tingkatannya. Sebab tingkatan berbahasa mulai dari keterampilan menyimak, kedua keterampilan berbicara, ketiga keterampilan membaca, dan yang terakhir adalah keterampilan menulis.
Menurut Nurhadi (1995) menulis adalah suatu proses penuangan ide atau gagasan dalam bentuk paparan bahasa tulis. Paparan itu merupakan rangkaian simbol-simbol bahasa atau huruf-huruf . Menulis juga diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengungkapkan ide, pikiran, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman hidupnya dalam bahasa tulis yang jelas, runtut, ekspresi,f enak dibaca dan bisa dipahami orang lain.
Tarigan (1987) paparkan menulis berarti menurunkan atau melukiskan lambang-lambang yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut. Selanjutnya ditegaskan bahwa gambaran-gambaran melambangkan huruf-huruf, atau melukiskan lambang, grafik, menyalin huruf-huruf tertentu bukan termasuk menulis. Berbeda  dengan Santosa (2006), menulis dapat diartikan sebagai proses ataupun suatu hasil. 
Bagi saya. Menulis adalah KATARSIS. Menulis adalah KESEMPATAN. Menulis adalah KEBERANIAN. Menulis adalah KEDISIPLINAN. Menulis adalah KEBEBASAN. Bagi Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar