Halaman

Cari Blog Ini

Sabtu, 11 September 2010

MENGHITUNG NILAI JAMINAN – bagian I (Sertifikat Hak Milik)

Ada baiknya para marketing dan nasabah mengetahui cara penilaian jaminan. Penilaian jaminan yang dilakukan oleh bank sangatlah lengkap dan detil. Setiap bank juga mempunyai aturan sendiri yang tidak bisa dibandingkan apalagi disamakan.
Ada kebijakan yang berbeda-beda. Namun, penilaian tersebut tidaklah subyektif. Ada standar obyektif yang digunakan.

Ah, itu kan bukan tugas saya! Waduh berat sekali untuk memikirkan hal ini!
Wah, mari berpikir sederhana dulu! Kita mulai dengan berpikir yang paling sederhana. Hal yang saya sampaikan ini pun juga sangatlah sederhana. Angka maupun persentase yang disajikan adalah ILUSTRASI semata. Namun sekiranya dapat digunakan sebagai estimasi awal penilaian jaminan.

Pertama, tentukan jenis jaminan.
JENIS JAMINAN :
-tanah kosong
-tanah dan bangunan
-tanah pertanian bisa sawah atau tegal

Kedua, tentukan nilai tanah baik market maupun taksasi.
NILAI MARKET : adalah harga jual tanah
-Cari informasi harga tanah. Info bisa kita dapatkan dari desa/ kelurahan atau dari informasi transaksi jual beli tanah terbaru di sekitar jaminan tersebut.
-Lihat luas tanah
-Kalikan dengan nilai tanah per-meter.
NILAI TAKSASI : adalah harga jual tanah yang dijadikan patokan nilai jaminan
-Luas tanah ≤ 1000 m2 kalikan nilai market dengan 65%
-Luas tanah > 1000 m2 kalikan nilai market dengan 60%

Ketiga, tentukan nilai bangunan (untuk SHM berupa tanah dan bangunan)
NILAI BANGUNAN
-Ukur luas bangunan
-Kalikan luas bangunan dengan harga standar per m2 untuk bangunan. Misalnya: jika bangunan sudah berlantai keramik dan berplafon, kondisi baik dan terawat. Kalikan dengan Rp1.200.000,00 per meter2.
-Hitung penyusutan bangunan. Jika berumur di bawah 5 tahun kalikan dengan 95% sedangkan jika berumur di atas 5 tahun kalikan dengan 90%.

Keempat, perhatikan kondisi khusus jaminan yang menyebabkan SHM tidak bisa digunakan sebagai jaminan :
-AKSES JALAN
Kecuali tanah sawah, SHM harus mempunyai jalan dengan lebar kurang lebih 2 meter (jika tidak ada akses jalan disebut TANAH HELIKOPTER sehingga tidak bisa dibiayai)
-LETAK SHM
Berada di dekat kuburan atau tanah kuburan, sutet, atau sungai arus deras.
-SARANA UMUM
Pada SHM terdapat sarana umum seperti tempat ibadah yang belum dihibahkan.
-ATAS NAMA SHM
SHM yang dapat digunakan sebagai jaminan adalah atas nama sendiri, isteri/ suami atau orangtua kandung. Di luar itu, tidak dapat dijadikan jaminan.

Semoga materi penilaian jaminan berupa SHM ini dapat bermanfaat. Tidaklah bijak mengambil kesimpulan yang terlalu cepat dalam menilai jaminan. Bank mempunyai kebijakan yang berbeda dan tentu saja tidak merugikan. Percaya pada hasil penilaian bank merupakan sikap yang bijaksana.

9 komentar:

  1. KJPP Iwan Bachron dan Rekan

    Menerima jasa appraisal property; rumah tinggal, gudang, pabrik, macam-macam jenis mesin dan kendaraan darat, laut, maupun udara untuk keperluan kredit di bank atau hanya ingin mengetahui nilai kekayaan aset pribadi.
    akreditasi perusahaan kami A pada bank-bank swasta maupun pemerintah.
    Contact : Puteri Hanna 08985018687, pin 327788F4

    terima kasih semua, semoga bermanfaat.;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam,Puteri hanna lestari lokasinya dimana, kami ingin membeli tanah tegal berbukit seluas 100 Ha, dan tanah kebun tertanami pohon jati seluas 55 Ha, kedua lokasi di kabupaten situbondo, mohon bantuannya untuk appraisal tanah tersebut.apabila saya gunakan untuk agunan / fix aset di bank.terima kasih.

      slm
      zaini - 082223495999

      Hapus
  2. 087772333788 / pin 74f07389
    Butuh modal buat nambah usaha hubungi saya imam ramdhani..proses dijamin cepat dan aman..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imam Ramdhani lokasinya dimana, saya butuh modal untuk kerjaan pengadaan export gurita dan biji plastik

      slm
      zaini-082223495999

      Hapus
  3. Perhatian pemirsa ..

    Halo nama saya Evg. Mark Raiber, pemberi pinjaman pinjaman pribadi, dari E.M.R INVESTASI KREDIT. Kami menawarkan pinjaman sebesar 2% per tahun, apakah Anda memerlukan bantuan keuangan? Apakah kamu butuh kredit untuk investasi ?? Apakah kamu butuh pinjaman untuk bisnis ?? Apakah kamu butuh pinjaman untuk konstruksi ?? Email Evg. Mark Raiber melalui Email: (markraiberloanfirm@outlook.com) untuk informasi lebih lanjut.

    Kami menawarkan semua jenis kredit

    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Konstruksi.
    Pinjaman Konsolidasi Konsolidasian.
    Pinjaman montase.
    * Pinjaman mahasiswa
    * Pinjaman rumah
    * Pinjaman Investasi.

    Kami menawarkan semua jenis kredit, anda diharapkan untuk menghubungi manajemen perusahaan via email untuk informasi lebih lanjut segera .. contact Evg. Mark Raiber melalui email (markraiberloanfirm@outlook.com)

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Sy memiliki tanah seluas 600 meter lokasi dekat kuburan sangat aman daerah babakan losari brg x ad yg minat 70.000 ribu permeter

    Harap hubungi +6282218979335

    BalasHapus
  5. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. Bisa pinjaman 60jt d angsur selama 5tahun kira2 perbulannya berapa..trus bunganya berapa ya

    BalasHapus
  7. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus